Berat dan Dimensi Paket

Tulisan kali ini menjelaskan bagaimana melakukan setting berat dan dimensi item jualan pada toko online yang memakai Plugin Epeken All Kurir sehingga informasi tersebut bisa dipakai untuk pengali ongkos kirim. Sebagai catatan sebelum melanjutkan ke langkah-langkahnya, fitur volumetrik hanya jalan di epeken all kurir FULL version, dan fungsi volumetrik TIDAK ADA di epeken all kurir FREE version.


Penentuan pengali untuk perhitungan ongkos kirim berdasarkan berat dan dimensi tersebut pada Plugin Epeken All Kurir mengikuti rumus standar volumetrik. Demikian juga untuk cara pembulatan pengali mengikuti aturan JNE. Yang perlu diperhatikan adalah, untuk melakukan enable volumetrik pada Epeken All Kurir plugin, Anda HARUS mencentang checkbox “Enable/Disable volume metrics. Berat dalam kg dan dimensi(length, width, height) dalam cm. (Khusus JNE dan TIKI)” pada layar setting Epeken All Courier di Woocommerce section Shipping. Pilih juga satuan berat yang ditetapkan di setting plugin epeken all kurir disesuaikan dengan satuan berat di woocommerce, apakah menggunakan gram atau kilogram.

Selanjutnya, langkah-langkah melakukan setting berat dan dimensi item sebenarnya sudah ada pada fitur bawaan woocommerce, sehingga kita tinggal menggunakannya saja. Berikut ini penjelasannya.

  1. Edit item/produk yang akan diset berat dan dimensinya, dengan cara akses ke menu Dashboard > Products > Edit salah satu produk yang kita pilih
  2. Kemudian pada bagian Product Data, pilihlah tab Shipping. Kurang lebih akan dijumpai tampilan seperti ini.
    productdatashipping
  3. Isikan berat pada field weight dan dimensi (panjang,lebar,tinggi) pada field Dimensions. Untuk berat diasumsikan dalam kg dan dimensi dalam cm. Misal berat item tersebut 200 g kita bisa isikan berat 0.2 pada field weight.

Kemudian klik Save. Informasi tersebut akan dipakai untuk perhitungan pengali ongkos kirim oleh Plugin Epeken All Kurir.